by

Cara Ternak Ayam Joper Bagi Pemula Agar Cepat Besar Dan Cepat Panen

Bloranet.com – Ayam Joper biasa di sebut ayam Jowo Super. Ayam joper adalah hasil silangan antara ayam kampung jantan dan ayam petelur betina.

Beternak ayam joper saat ini lagi gencar-gencarnya yang sering di perbincangkan di tengah kalangan masyarakat.

Bisnis ternak ayam joper ini banyak keuntungan yang dapat di peroleh yang diantaranya dimana ayam joper ini punya kemampuan lebih cepat tumbuh di bandingkan ayam kampung biasa, Pasaran jualnyapun ayam joper memiliki harga yang tinggi dan stabil dengan kemampuannya itulah ternak ayam joper saat ini bisa memberikan lebih keuntungan bagi peternak.

Dalam penelitiannya ayam joper tidak muncul begitu saja dalam masalah keunggulanya. namun semua itu di karenakan indukan dari ayam broiler dan ayam kampung yang sangat istimewa. ayam broiler mempunyai keistimewaan dalam pertumbuhannya yang sangat cepat dan daginnya pun gemuk.

Sedangkan ayam kampung mempunyai rasa daging yang sangat lezat dan daya tubuhnya tahan dari berbagai penyakit unggas. dari keunggulan-keunggulan induk ayam joper itulah tak heran jika kemudian menyatu jadi spesies baru, dan ayam joper sangat pantas di hargai dengan harga tinggi.

Untuk saat ini banyak masyarakat yang terjun dan tertarik untuk beternak ayam joper. sebenarnya ternak ayam joper tidaklah sulit. bagi pemulapun sangat bisa melakukan ternak ayam joper ini. yang terpenting adalah butuh kerja keras, ketekunan untuk memeliharanya.

Berikut cara ternak ayam bagi pemula:

  1. Kandang Dan Peralatan
  • Pemanas

Bibit ayam joper dengan 100-300 ekor hanya cukup gunakan lampu bohlam dengan ukuran 60-100 watt per 100 ekor 1 bohlam. bagi yang bibitnya mencapai lebih dari 100-300 ekor sebaiknya menggunakan Pemanas LPG,

  • Tempat Pakan

Tempat pakan sebaiknya menggunakan tempat ukuran kecil, agar ayam bisa makan merata tidak rebutan sediakan tempat makanan banyak.

  • Tempat Minum

Tempat minum sebaiknya juga ukuran yang kecil sama seperti tempat makan, tempat minum ayam yang masih kecil di berikan kerikil batu kecil-kecil agar ayam hanya mengambil air minum dan tidak masuk ke dalam tempat minum.

  • Ukuran Kandang

Untuk 100 ekor ayam dan masa grower ukuran kandang 1 meter persegi sudah cukup, nanti semakin besar ukuran ayam untuk di pindah ke kandang yang lebih besar.

  • Lantai Kandang

Lantai kandang sebaiknya gunakan sekam yang di campur dengan pasir agar kotoran bisa terserap dan tidak bau. dan untuk pembesaran sebaiknya lantai di kasih sekam + pasir yang lebih tebal.

2. Pemilihan Bibit

Ternak ayam joper bisa sukses itu ditentukan oleh bibit ayam yang bagus. jika di hitung bibit bisa menyumbang 40% untuk kesuksesan beternak ayam joper, karena seahli-ahlinya orang beternak kalau bibit tidak bagus bisa-bisa di gagal.

3. Pemilihan Pakan

Untuk pakan ayam joper ini persis menggunakan pakan ayam broiler, karena ada fase pertumbuhan ayam yaitu, fase starter, fase Pembesaran, fase Finisher. Untuk ayam 100 ekor ayam joper dari umur 1-60 hari kurang lebih yaitu 2 kwintal/4 karung pakan.

4. Persiapan DOC

Pertama Persiapkan kandang dan pakan jika sudah terjadwal Doc pesanan dikirim, maka peternak harus siap-siap, yang terpenting sebelum DOC Dikirim cek pemanas, tempat pakan dan minum apakah sudah siap, jika sudah siap berarti kandang siap di isi DOC.

Sebelum DOC datang Peternak harus siapkan air gula merah, air gula merah ini di berikan ayam pertama datang setelah melalui perjalanan yang jauh, air gula merah ini untuk memulihkan tenaga ayam. pemberian air gula merah ini cukup sekali 1 jam setelah ituu baru di beri pakan dan minumannya.

5. Masa Brending

Masa ini adalah masa ayam umur 1-10 harian. pada masa ini ayam harus dimanjakan karena akan berpengaruh pada fase selanjutnya. jangan lakukan penanganan yang salah karena ayam mudah mati kalau tidak pertumbuhan ayam pada fase selanjutnya akan lambat.

kareana pada masa ini ayam harus dapat pemanas yang cukup

6. Masa Pembesaran

Pada mas pembesaran ayam joper sudah mulai di umbar di kandang umbaran, pada masa ini juga ayam joper harus di rawat dengan sebaik-baiknya pemberian pakan, minum dll.

Kebersihan kandang harus benar-benar di jaga karena ayam joper sangat rentan terhadap penyakit dan penyebarannya dari kandang yang kotor.

7. Masa Panen

Ayam Joper dapat di panen pada umur 60-70 hari tergantung pada perawatan dan akan di panen pada bobot berapa

peternak ayam joper sebelumnya harus sudah siap untuk mencari bakul jika di rasa ayam sudah mencukupi untuk di panen

berikut sedikit ulasan tentang cara beternak ayam joper semoga bermanfaat

LIHAT JUGA YOUTUBE BLORANET DAN JANG LUPA SUBSCRIBE YA TEMAN Bloranet.com

Comment

News Feed