by

Kemegahan Bangunan Lawang Sewu Semarang 2019 Bernuansa Eropa

-Wisata-24 views

Semarang – Lawang Sewu bangunan ekonik yang berada di jantung Kota Semarang ini memiliki sejarah perkerataapian indonesia dan di desain dengan megah pada era kolonial belanda. ternyata bangunan ini menyimpan berbagai keunikan pada eksiturnya.

Nama Bangunan Lawang Sewu berasal dari bahasa jawa yang berarti Seribu Pintu. nama ini di sematkan oleh masyarakat jawa sekitar karena bangunan peninggalan Belanda ini memiliki banyak pintu.

Lawang Sewu 2019

Meski gedung yang di kelola oleh PT.KAI sebagai museum kereta api sempat mangkrak dan tak terawat, kini Lawang Sewu menjadi salah satu magnet Pariwisata andalan Kota Semarang.

Bangunan Lawang Sewu memiliki sejarah kemegahan gedung yang berasitektur unik. Lawang Sewu ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya nasional pada sekitar tahun 2010-2011.

Gedung Bangunan Lawang Sewu mempunyai luas sekitar 2 hektar yang terdiri dari 3 lantai dengan 2 sayap yang membentang ke kanan dan ke kiri. di museum ini pengunjung dapat mempelajari sejarah perkereta apian dengan mengamati peninggalan masa penjajahan atau sekedar menikmati susana dan keindahan arsitektur Lawang Sewu.

Terlepas dari citra mangkrak, kumuh, dan mistis yang pernah ada kondisi cantik Lawang Sewu saat ini, adalah hasil konservasi besar-besaran yang di lakukan PT.KAI.

Lawang Sewu Tampak Dari Dalam 2019

Lokasi Lawang Sewu

Lokasi Lawang Sewu terdapat di sebelah timur Tugu Muda Semarang. Lokasi tepatnya adalah di pertemuan antara Jalan Pandanaran dan Jalan Pemuda. Rute untuk menuju lokasi Lawang Sewu sangatlah gampang. Bila menaiki kendaraan pribadi atau kendaraan umum, carilah arah atau angkot menuju Simpang Lima dan anda akan menemui gedung Lawang Sewu.

Jam Buka Lawang Sewu

Wisatawan diperbolehkan masuk dari jam 07:00 WIB hingga jam 21:00 WIB. Untuk biaya masuk, orang dewasa dikenakan ongkos Rp. 10.000, anak-anak/pelajar sebesar Rp. 5.000. Sedangkan untuk masuk ke ruang bawah tanah, anda membutuhkan tour guide dan diwajibkan membayar biaya tambahan sebesar Rp. 30.000.

Comment

News Feed