by

Destinasi Wisata Telaga Ngebel Ponorogo Jawa Timur

BLORANET.COM – Ponorogo, Tak lengkap kalau pergi ke ponorogo tak berkunjung di telaga ngebel, sebuah pesona wisata telaga yang ada di daerah ponorogo tepatnya berada di perbatasan antara ponorogo dan kabupaten madiun. ketenangan dan keindahannya akan mempesona setiap wisatawan yang akan datang berkunjung.

Terbentuknya Telaga ngebel ini konon menurut cerita adalah dari mencabut sebuah sapu lidi di tanah telaga Kemudian, air terus keluar sangat deras mengakibatkan terbentuknya sebuah telaga.

Kawasan Wisata telaga ngebel ini selalu dikaitkan dengan “Baru Klinting” apa dan siapa itu baru klinting? Dia adalah seeokor ular naga raksasa tetapi, mempunyai hati yang sangat mulia. tidak suka menggoda manusia.

Ular naga itu adalah jelmaan dari patih kerajaan Bantaran Angin, Sang patih kala itu sedang melakukan pertapaan, bermeditasi dalam wujud sebuah ular raksasa pada saat melakukan bermeditasi datang sebuah kelompok/orang yang sedang ke GOA Karena sedang kelaparan dan melihat ada ular raksasa akhirnya kelompok orang itupun membawa Ular raksasa itu ke Desa untuk di buat makanan. Orang-orang tersebut tidak tahu kalau ular tersebut adalah jelmaan dari Sang Patih. Orang-orang tersebut membunyikan kentongan agar warga berkumpul. banyak warga yang terkejut melihat ular raksasa tersebut.

Akhirnya para warga pun sepakat untuk memotong ular raksasa tersebut untuk di jadikan makanan yang lezat, Ibu-ibu pun sudah menyiapkan bahan-bahan yang akan di gunakan untuk memasak. kejadian, aneh pun terjadi, ketika seorang warga mau memotong ular raksasa tersebut.

Ular raksasa itupun berubah menjadi anak kecil yang menggemaskan. warga pun terkejut, di tengah keterkejutan semua warga, anak tersebut pun membuat sebuah sayembara.

Anak kecil tersebut pun menancapkan lidi di tanah, para warga satu-persatu di suruh untuk mencabutnya. Satu-persatu warga pun mencobanya, mulai dari orang yang besar sampai orang yang terkecil tidak ada yang bisa.

Anak kecil itupun akhirnya mencabutnya sendiri, setelah keluarlah air yang sangat deras terus menerus tanpa henti. Air tersebut akhirnya membentuk sebuah telaga. Setelah kejadian itu, Para warga pun, menyebutnya dengan sebutan Telaga Ngebel. Dimana, Ngebel mempunyai arti bau, jadi Telaga Ngebel artinya adalah Telaga yang mempunyai bau.

 

 

Comment