by

Manfaatkan Lahan Milik Perhutani Untuk Menanam Kunyit

Bloranet.com – Kunyit adalah rempah-rempah di indonesia yang terkenal di seluruh manca negara. Sejarahnya tanaman kunyit ini pertamanya berawal dari Asia Tenggara hingga penyebarannya merambah ke benua australia hingga sampai afrika.

Dalam kehidupan kita sehari-hari kita tak pernah lepas dari tanaman kunyit ini. Karena pada hakikatnya tanaman ini adalah rempah, tetapi di luar dari rempah Tanaman ini sangat berguna untuk macam hal lainnya diantaranya untuk jamu, pewarna masakan alami, bahkan juga untuk produk perawatan.

Foto wachidun #2019
Foto wachidun #2019

Karena banyak kegunaan dan manfaatnya, tak heran jika tanaman kunyit ini paling di gemari dari seluruh penjuru dunia. Nah di balik kelebihannya ini, ternyata menanam kunyit ini mudah sekali ya.. salah satunya dari petani ini nich yang memanfaatkan lahan milik perhutani untuk membudidayakan tanaman kunyit di bawah naungan pohon jati dan ternyata hasilnya sangat luar biasa.

Nah bagaimana sich cara menanam kunyit yang  sebenarnya, mari kita simak penjelasan berikut di bawah ini. 

1. Persiapan Bibit

Hal yang harus di lakukan bagi pembudidaya/petani kunyit ini yang pertama adalah bibit karena bibit bibit inilah yang akan menentukan hasil dari tanaman tersebut, untuk pemilihan bibit pada tanaman kunyit ini sangatlah mudah karena yang harus kita pilih adalah putusan rimpang dari kunyit tersebut nantinya bibit dari rimpang inilah yang tunasnya mudah untuk tumbuh.

Sebaiknya dalam pemilihan bibit kunyit ini bibit harus dalam keadaan tidak terkena penyakit, bibit harus dari tanaman yang subur, hijau, cukup kandungan airnya, masa dormansi (istirahat) yang sudah melwati 1 bulan atau lebih, 

2. Tanah Untuk Tanaman Kunyit

Tanah yang baik untuk penanaman kunyit ini adalah tanah perkebunan atau pekarangan, tanah yang akan di gunakan sebaiknya di siapkan selama 30 hari sebelum tanam, tanah bersih dari hama sebaiknya juga tanah di gemburkan untuk menyuburkannya, cara menggemburkannya bisa pakai cangkul sedalam 20-30cm, agar gas di dalam tanah dapat keluar sebaiknya tanah yang telah di gemburkan di biarkan selama 2 minggu atau lebih. 

Guna menjaga agar tanah tetap gembur layak untuk tanaman yaitu dengan memberi pupuk kompos sebanyak 2,5 – 3 kg dan pemberian pupuk kompos ini setelahnya juga di diamkan selama 2 minggu sebelum tanam.

Foto wachidun #2019
Foto wachidun #2019

3. Penyemaian bibit

Bibit kunyit bisa menumbuhkan banyak tunas untuk memaksimalkan tumbuhnya tunas dari bibit kunyit tersebut ada beberap cara yang di antaranya :

Bibit ditaruh di tempat yang teduh sampai 1 hingga 2 bulan. Siram dengan air secukupnya 2 kali sehari (pagi dan sore) taruh bibit pada suhu 25 – 28 c ini akan membuat pertumbuhan kunyit jadi lebih baik. 

Cara lain juga bisa bibit rimpang di taruh di antara jerami, dapat juga bibit di rendam dalam larutan ZPT selama kurang lebih 3,3 jam setelah itu keringkan selama 42 jam dengan temperatur suhu 35 c.

4. Penanaman

Tanamlah tunas yang sudah di semai tadi di dalam lubang ukuran 10 cm. Ada 2 metode yang dapat dilakukan untuk penanaman kunyit tersebut.

Yang pertaman adalah pada awal musim hujan dan kunyit akan panen pada awal musim kemarau dan penanamannya memakan waktu -+ 8 bulan.

Yang kedua yaitu penanamannya bisa dimulai awal musim penghujan dan di panen pada akhir musim kemarau cara yamg kedua ini memakan waktu -+ 12 – 17 bulan. Metode kedua ini sama pada waktu memulai penanamannya cuma panennya saja yang berbeda.

5. Panen

Dalam periode pemanenanya tanaman kunyit ini memerlukan waktu 8 bulanan seperti yang sudah di jelaskan di atas, tapi untuk melakukan panen kunyit yang sangat baik yaitu 12 bulan masa tanam, untuk cara mengetahui tanaman kunyit sudah mulai panen dapat dilihat dari layu daun. Selain itu juga bisa melihat pada batang kunyit yang sebumnya warnanya hijau menjadi kekuning kuningan.

Sekian dari saya semoga bermanfaat

Penulis – wachidun

 

 

 

Comment